Fenomenologi Hussel

Jika kita perhatikan setiap fenomena yang ada bisa kita pandang dari dua sudut. Pertama, fenomena selalu “menunjuk ke luar” atau berhubungan dengan realitas di luar pikiran. Kedua, fenomena yang bersumber dari kesadaran diri kita. Dalam memandang fenomena harus terlebih dahulu melakukan penyaringan terhadap rasio untuk mendapatkan kesadaran yang murni. Berangkat dari sana Hussel memandang Fenomenologi sebagai ilmu tentang esensi-esensi kesadaran dan esensi ideal dari obyek-obyek sebagai korelasi kesadaran. Akar filosofis fenomenologi Husserl ialah dari pemikiran gurunya, Franz Bretano. Dari sana ia mengambil konsep filsafat sebagai ilmu yang rigoris dalam artian sikap pikiran di mana dalam pertentangan pendapat mengenai boleh tidaknya suatu tindakan, sebagaimana juga bahwa filsafat terdiri atas deskripsi dan bukan penjelasan kausal.

Husserl menolak kesadaran bipolaritas (kesadaran dan alam, subyek dan obyek). Artinya kesadaran tidak menemukan obyek-obyek. Namun, obyek-obyek senantiasa diciptakan oleh kesadaran. Berangkat dari sana, pemikiran Husserl bisa kita katakana dekat dengan idealisme. Bagi ilmu-ilmu, kesadaran dan alam memang tampak sebagai dua pola dalam kenyataan, namun harus dipasang dalam suatu ideologi idealitas yang hanya masih menerima satu pola, yaitu kesadaran.

Fenomenologi adalah disiplin ilmu yang menjadi revolusioner dan berpengaruh. Sebagai corak berfilsafat, fenomenologi sangat orisinil, pola berfilsafat yang tidak lagi mencari esensi di balik penampakkan, melainkan berkonsentrasi penuh pada penampakkan itu sendiri. Fenomenologi menyapu bersih segala asumsi yang cenderung mengotori kemurnian pengalaman manusia. Dari pandangannya itu, ia berusaha memberikan nilai-nilai yang lebih meyakinkan hingga terciptanya sebuh bangunan epistemologis yang kokoh untuk memperkuat pendapatnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s