Meno_

Berawal dari perbincangan antara Socrates dan sahabat lamanya yang bernama Meno, dimana Meno memahami apa yang dimaksudkan oleh Socrates adalah mengingat bukan belajar. Hingga akhirnya Meno meminta Socrates untuk mengajarinya apa yang dimaksudnya.

Namun Socrates menganggap pemahaman Meno itu contradiksi, karena sudah jelas dari awal Meno sudah memahami bahwa sebenarnya tidak ada yang dimaksud dengan belajar bagi Socrates yang ada hanyalah mengingat. Namun, sekarang ia meminta Socrates untuk mengajarinya.

Bukankah ini sangat lucu, dimana Meno memahami bahwa tidak ada yang disebut belajar bagi Socrates. Namun, Meno senantiasa meminta Socrates mengajarinya akan hal ini, serta meminta bukti akan keberaran tentang hal ini. Untuk menjelaskan semua itu, Socrates meminta Meno untuk memanggil salah seorang pelayan lelaki yang di sana.

Setelah pelayan lelaki itu datang, Socrates bertanya banyak hal kepada pelayan tersebut mengenai sebuah kotak dengan berbagai metode yang sudah tentu dapat dengan mudah pelayan lelaki itu jawab. Dan pada akhirnya, Socrates memberikan jawaban secara tidak langsung bahwasannya sebenarnya ia hanya memberikan stimulus kepada anak tersebut, karena sesungguhnya anak itu sudah mengetahui dan menyadari tentang dimensi-dimensi kotak tersebut.

Singkatnya, bahwa Socrates tengah mengemukakan teori bahwa manusia lahir dengan ide-ide bawaan. Sebagimana Socrates tunjukan dalam prcakapannya dengan seorang pelayan lelaki, yang tidak lain percakapan Socrates dengan pelayan lelaki itu hanya merupakan proses mengingat kembali ide-ide bawaan dan menghidupkannya.

Dan proses itu pun berjalan dengan baik hingga akhirnya Meno secara tidak langsung sepakat dengan pendapat Socrates terhadap teori bahwa manusia lahir dengan ide-ide bawaannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s