Wujud dan Mahiyah

Hampir semua para filosof Islam, meyakini bahwa wujud berbeda dengan mahiyah, karena jika tidak maka akan terjadi kebersatuan mahiyah atau bagiannya menjadi tidak terbatas. Dalam berbagai konteks, dapat dikatakan terdapat berbagai hal yang nyata dan mempunyai efek-efek nyataserta bukan hanya imajinasi kosong. Dan dengan berbagai kegiatan indra serta pikiran kita melakukan berbagai abstraksi terhadap segala sesuatu. Dari sana kita mendapati dua mafhum yang berbeda yaitu wujud dan mahiyah, dimana keduanya berbeda satu sama lain secara pengetian dan misdaknya.

Mahiyah sebagai mana ia, bukan ia kecuali ia. Dalam artian, mahiah ditinjau dari dzatnya bukan sesuatu yang lain kecuali ia ‘dirinya’ sendiri, dan nisbahnya terhadap wujud dan adam adalah sama. Maka sekiranya mahiah keluar dari kondisi tersebut dan mendapatkan posisi wujud ‘dimana dalam hal ini muncul efek-efek nyata dari mahiayah’ tidak dengan perantara wujud, maka terjadi ‘inqilab’, yakni sesuatu menjadi sesuatu yang lain tanpa ada perubahan penambahan atau pengurangan yang terjadi pada dzat mahiyah.

Selain itu, kita bisa katakana bahwa mahiyah adalah merupakan sumber kejamakan dan perbedaan, sementara wujud itu sendiri sebagai sesuatu yang membentuk teks nyata diluar dan secara hakiki mempunyai keberadaan diluar, serta merupakan sumber efek di alam luar akal. Dan makna dari I’tibariyah mahiyah adalah mahiyah hanyalah batasan dari wujud dan suatu bentuk dzihni, dimana hal yang nyata di luar tergambar di dalam dzihni. Oleh sebab itu keberadaan mahiyah hanyalah keberadaan majazi, dan dengan mengikut dengan wujudlah ia mendapatkan realitas.

Untuk memperjelas mahiyah, dapat kita tarik contoh seperti ‘spido’, spidol itu terbuat dari ‘plastik’, dan plastik merupakan ‘alat keras’. Dari sana kita dapat menilai bahwa ‘spido’, ‘plasti’, dan ‘alat keras’ merupakan wujud. Sementara, mahiah-nya adalah ‘spido’, ‘plasti’, dan ‘alat keras’ itu berfungsi sebagai ‘alat tulis’, disanalah kita bisa melihat batasannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s